Tuesday, August 31, 2010

Tips Membeli Mobil Retro Untuk Pemula

Bodi

bodi mobil retroBelilah mobil retro dengan bodi yang masih bagus. Pendapat yang menyatakan lebih hemat dan praktis membeli mobil yang mesinnya bagus sebenarnya kurang tepat. Apabila memperhitungkan biaya perbaikan,akan lebih ekonomis memperbaiki mesin daripada memperbaiki bodi atau melengkapi aksesorisnya yang hilang. Untuk pengecekan kondisi bodi, lakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Lakukan pengecekan pada siang hari.
  • Perhatian tebal dempul yang menutupi bodi. dengan cara mendengarkan perbedaan bunyi pada saat bodi di ketuk dengan tangan.
  • Jangan lupa mengecek chassis/rangka, apakah masih utuh, tidak bengkok dan tidak keropos.
  • Cek gap/celah antara panel body, harus dalam kondisi rata. dan konstan. Jika tidak berarti mobil tersebut pernah tabrakan.
  • Buka juga ruang mesin untuk melihat tulang-tulang besi di ruang mesin, hingga kesudut-sudut sempit di bawah/sekitar radiator dan di sekitar lampu. Jika sudah tidak lurus, tidak mulus atau ada kleman/klingan yang tidak rapi, berarti mobil tersebut pernah tabrakan

.

Kelengkapan surat-surat

bpkb mobil retroMobil retro sebelum tahun 1970, selain STNK dan BPKB, biasanya dilengkapi dengan boekpass yang merupakan surat resmi semacam sertifikat sebelum adanya aturan mengenai BPKB. Jika boekpass tersebut masih ada, mobil itu akan mempunyai nilai tambah untuk dikoleksi. Selanjutnya cek data pada BPKB dan STNK, sesuaikan no rangka dan mesin sesuai dengan yg tertera di STNK dan BPKB. Untuk lebih amannya, cek nomor polisi ke Samsat atau layanan online Polisi, dengan mengirimkan SMS ke 1717, caranya dengan mengetik “metro [nomor polisi]“. Jawabannya berisi data mengenai : Jenis Mobil, Merk, Ukuran Mesin, Warna, Tahun, dan Masa berlaku STNK. Cek juga pajak kendaraan, jika belum dibayar bisa digunakan untuk mereduksi dari harga jual mobil.

.

Transmisi

transmisi otomatis mobil retroJika tidak ingin dipusingkan dengan biaya perbaikan transmisi, sebaiknya menghindari mobil retro dengan transmisi otomatik. Sistem transmisi matik memang memanjakan pengendaranya, tetapi seringkali pemilik lama mengabaikan penggantian oli transmisi. Mobil otomatik sangat sensitif dengan sistem pelumasan. Malas mengganti oli atau pemakaian yang jorok dapat menghancurkan sistem transmisi.

.

Sparepart

sparepart mobil retroAda sedikit perbedaan dari segi biaya perawatan antara mobil retro bermesin (cc) besar dengan mobil bermesin kecil. Mobil bermesin kecil memang irit, tetapi umumnya harga sparepartnya juga mahal dan lebih sering diganti. Sementara mobil bermesin besar memang cenderung boros, tetapi sparepartnya justru terbilang amat murah, awet, dan nyaman.

.

Kondisi Mesin & Perlengkapannya

mesin mobil retroCek kondisi mesin retro secara teliti dengan cara :

  • Nyalakan mesin sekitar lima menit, kemudian matikan. Rogoh knalpot dengan jari dan pastikan jelaga yang menempel di jari Anda dalam keadaan kering. Jika jelaga terasa basah, berarti ada masalah dengan kondisi mesinnya.
  • Buka tutup lubang pengisian oli dan longok bagian dalamnya utk melihat kondisi metal mesin. Jika mesin masih baik, metalnya berwarna putih/kuning bening. Jika warna metal sudah coklat apalagi hitam berarti maintenance atau penggantian olinya kurang bagus.
  • Cabut dipstick oli untuk melihat kondisi olinya.
  • Jangan ragu untuk testdrive dan memacu mesin sampai batas redline, untuk mengetahui kekuatan dan kehalusan dan mesin.
  • Lakukan Test drive pada kondisi panas terik di siang hari dan kondisi jalan yang macet, untuk memastikan temperatur mesin tetap normal dan dapat idle/stationer dgn stabil. Dengan cara ini juga dapat mengetahui kondisi Air Conditioning (AC).
  • Buka rumah filter udara untuk melihat kondisinya, jika sangat kotor, berarti pemilik kurang memperhatikan perawatan mobilnya.
  • Check kebersihan fluida/cairan seperti air radiator, minyak rem, minyak power steering. Jika dalam kondisi bersih, berarti mobil dalam kondisi terawat.
  • Cek Freon AC dengan melongok pada lubang kaca di filter dryer AC, jika ada berbuih ketika AC nyala, berarti ada kebocoran pada saluran freon AC sehingga freon berkurang.

.

Velg & Ban

velg mobil retroCari data mengenai ban dan velg standar mobil retro yang akan anda beli. Jika standarnya ring 13, sedangkan mobil yang akan anda beli memakai ring 17, periksa tie rod dan sistem suspensinya, karena kondisinya pasti kurang baik. Perhatikan juga ban-nya, jika ke-aus-nya tidak rata atau bergelombang berarti ada masalah pada bagian suspensinya (misalnya geometri suspensi kurang tepat atau shockbreaker sudah tidak berfungsi).

.

Cat

cat mobil retroMobil lawas umumnya memakai cat berwarna solid bawaan pabrik. Berbeda dengan cat metalik, cat solid yang sering dipoles malah menyebabkan cat makin tipis dan tidak mengkilat. Untuk mobil dengan warna metalic muda, perhatikan secara cermat dari berbagai sudut untuk melihat perbedaan lapisan, karena warna metalic muda lebih sulit disamakan jika dilakukan pengecatan ulang.

.

Informasi

beli komunitasBergabunglah dengan klub-klub penggemar mobil retro yang anda incar . Mereka punya akses informasi yang lengkap dan umumnya sangat welcome terhadap siapapun. Bawa teman yang faham betul tentang kondisi mobil-mobil lawas juga bisa sangat membantu.

Selamat berburu mobil retro impian anda…………………….

No comments: