Monday, April 12, 2010

URL Cloacking

Sepertinya term URL Cloacking atau kadang disebut juga sebagai URL Masking yaitu menyembunyikan URL asli sebuah halaman web dianggap jahat, buruk, tidak baik atau menipu seperti halnya Page Cloacking. Sebaliknya, akan berguna bagi yang mengikuti program afiliasi seperti pada PayDotCom untuk menyembunyikan URL website yang direferensikan.

Menyembunyikan halaman (Page Cloacking) biasanya dilakukan dengan menyisipkan kode tertentu pada sebuah halaman website agar dapat mencapai peringkat tinggi pada hasil pencarian namun sebetulnya halaman yang ditampilkan tidak sama dengan halaman yang tersimpan pada server mesin pencari. Tentunya hal ini bisa menyebabkan website yang membuat halaman tersebut diban dari mesin pencari seperti Google.

Menyembunyikan URL (URL Cloacking) pada dasarnya sama dengan penggunaan URL pada umumnya, seprti halnya subdomain yang merujuk ke bagian website tertentu, dan tentu saja, hal ini diperbolehkan oleh mesin pencari. Untuk menggunakan URL Cloacking, tentunya Anda harus memiliki domain tersendiri yang akan digunakan untuk menyembunyikan URL alamat afiliasi Anda.

Contoh:

Alamat afiliasi Anda adalah http://afiliasi.com/?ref=1234567, dan domain Anda adalah domainku.com. Anda dapat saja menggunakan URL Cloacking untuk mengubah alamat URL yang digunakan untuk mengakses halaman afiliasi tersebut seperti domainku.com/afiliasiku
URL Redirection dengan Frame, Mod-rewrite, dan PHP Header

Pada dasarnya terdapat tiga cara untuk melakukan URL Cloacking atas website Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan frames pada halaman website
2. Menggunakan URL Masking dengan .htaccess
3. Menggunakan script pemrograman (PHP)

Namun, cara-cara tersebut hanya bisa dilakukan apabila Anda menyewa hosting untuk website Anda sendiri.
Menggunakan frame

Buat halaman website yang akan digunakan untuk URL Cloacking. Merujuk ke contoh di atas, maka Anda perlu untuk membuat file yang diberi nama index.html dan disimpan pada pada direktori afiliasiku. Dalam file tersebut dituliskan kode-kode sebagai berikut:



Setelah selesai, unggah file tersebut pada webserver Anda. Maka setiap kali Anda mengakses http://domainku.com/afiliasiku, Anda akan mendapatkan konten halaman afiliasi http://afiliasi.com/?ref=1234567 di dalamnya.
URL Masking dengan .htaccess (Mod_rewrite)

Cara ini memungkinkan akses ke halaman yang berbeda dengan yang ditampilkan sesuai URL pada browser. Anda hanya membuat file dengan nama .htaccess untuk dimpan pada folder utama (root) domain Anda. Berikut contoh kode yang ditulis pada file tersebut;

RewriteEngine on
RewriteRule domainku$ http://afiliasi.com/?ref=1234567 [QSA,L]

PHP Header

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan script PHP. Buatlah file index.php pada folder (root) domain Anda. Tambahkan baris kode seperti contoh berikut;

header('Location: http://afiliasi.com/?ref=1234567');

Bedanya, dengan cara ini pengunjung Anda akan dialihkan ke halaman Afiliasi anda oleh browser, jadi bukan menampilan halaman afliasi Anda pada domain Anda.
URL Cloacking dengan Domain .co.cc

Dengan menggunakan domain .co.cc yang bisa Anda peroleh secara Gratis, maka Anda dapat dengan mudah menyembunyikan alamat asli URL afiliasi Anda. Yang perlu dilakukan hanya melakukan konfigurasi domain yang dapat dengan mudah dilakukan. Klik di sini untuk membuat domain Anda, gratis!.

Sumber: preaxzdotcom

NT: ntar bakal gue lakukan riset dan Percobaan bagaimana Fungsi Iframe bisa Lumpuhin situs sekelas Jasakom :) tunggu P0st Gue Selanjutnya

No comments: