Tuesday, August 31, 2010

Kopasus (Komando Pasukan Khusus)

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Bala Pertahanan Pusat yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat yang memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Dalam perjalanan sejarahnya, Kopassus berhasil mengukuhkan keberadaannya sebagai pasukan khusus yang mampu menangani tugas-tugas yang berat. Beberapa operasi yang dilakukan oleh Kopassus diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, serta berbagai operasi militer lainnya. Dikarenakan misi dan tugas operasi yang bersifat rahasia, mayoritas dari kegiatan tugas daripada satuan KOPASSUS tidak akan pernah diketahui secara menyeluruh. Contoh operasi KOPASSUS yang pernah dilakukan dan tidak diketahui publik seperti: Penyusupan ke pengungsi Vietnam di pulau Galang untuk membantu pengumpulan informasi untuk di kordinasikan dengan pihak Amerika Serikat (CIA), penyusupan perbatasan Malaysia dan Australia dan operasi patroli jarak jauh (long range recce) di perbatasan Papua nugini.

Prajurit Kopassus dapat mudah dikenali dengan baret merah yang disandangnya, sehingga pasukan ini sering disebut sebagai pasukan baret merah. Kopassus memiliki moto Berani, Benar, Berhasil.

Kesko TT III/Siliwangi

Pada tanggal 16 April 1952, Kolonel A.E. Kawilarang mendirikan Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT). Ide pembentukan kesatuan komando ini berasal dari pengalamannya menumpas gerakan Republik Maluku Selatan (RMS) di Maluku. Saat itu A.E. Kawilarang bersama Letkol Slamet Riyadi (Brigjen Anumerta) merasa kesulitan menghadapi pasukan komando RMS. A.E. Kawilarang bercita-cita untuk mendirikan pasukan komando yang dapat bergerak tangkas dan cepat.

Komandan pertama saat itu adalah Idjon Djanbi. Idjon Djanbi adalah mantan kapten KNIL Belanda kelahiran Kanada, yang memiliki nama asli Kapten Rokus Bernardus Visser. Pada tanggal 9 Februari 1953, Kesko TT dialihkan dari Siliwangi dan langsung berada di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

KKAD

Pada tanggal 18 Maret 1953 Mabes ABRI mengambil alih dari komando Siliwangi dan kemudian mengubah namanya menjadi Korps Komando Angkatan Darat (KKAD).

RPKAD

Tanggal 25 Juli 1955 organisasi KKAD ditingkatkan menjadi Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD), yang tetap dipimpin oleh Mochamad Idjon Djanbi.

Tahun 1959 unsur-unsur tempur dipindahkan ke Cijantung, di timur Jakarta. Dan pada tahun 1959 itu pula Kepanjangan RPKAD diubah menjadi Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD). Saat itu organisasi militer itu telah dipimpin oleh Mayor Kaharuddin Nasution.

Pada saat operasi penumpasan DI/TII, komandan pertama, Mayor Idjon Djanbi terluka, dan akhirnya digantikan oleh Mayor RE Djailani.

Puspassus AD

Pada tanggal 12 Desember 1966, RPKAD berubah pula menjadi Pusat Pasukan Khusus AD (Puspassus AD). Nama Puspassus AD ini hanya bertahan selama lima tahun. Sebenarnya hingga tahun 1963, RPKAD terdiri dari dua batalyon, yaitu batalyon 1 dan batalyon 2, kesemuanya bermarkas di Jakarta. Ketika, batalyon 1 dikerahkan ke Lumbis dan Long Bawan, saat konfrontasi dengan Malaysia, sedangkan batalyon 2 juga mengalami penderitaan juga di Kuching, Malaysia, maka komandan RPKAD saat itu, Letnan Kolonel Sarwo Edhie -karena kedekatannya dengan Panglima Angkatan Darat, Letnan Jenderal Ahmad Yani, mengusulkan 2 batalyon 'Banteng Raider' bentukan Ahmad Yani ketika memberantas DI/TII di Jawa Tengah di upgrade di Batujajar, Bandung menjadi Batalyon di RPKAD, masing-masing Batalyon 441"Banteng Raider III", Semarang ditahbiskan sebagai Batalyon 3 RPKAD di akhir tahung 1963. Menyusul kemudian Batalyon Lintas Udara 436 "Banteng Raider I", Magelang menjadi Batalyon 2 menggantikan batalyon 2 lama yang kekurangan tenaga di pertengahan 1965. Sedangkan Batalyon 454 "Banteng Raider II" tetap menjadi batalyon di bawah naungan Kodam Diponegoro. Batalyon ini kelak berpetualang di Jakarta dan terlibat tembak menembak dengan Batalyon 1 RPKAD di Hek.

Kopassandha

Tanggal 17 Februari 1971, resimen tersebut kemudian diberi nama Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha).

Dalam operasi di Timor Timur pasukan ini memainkan peran sejak awal. Mereka melakukan operasi khusus guna mendorong integrasi Timtim dengan Indonesia. Pada tanggal 7 Desember 1975, pasukan ini merupakan angkatan utama yang pertama ke Dili. Pasukan ini ditugaskan untuk mengamankan lapangan udara. Sementara Angkatan Laut dan Angkatan Udara mengamankan kota. Semenjak saat itu peran pasukan ini terus berlanjut dan membentuk sebagian dari kekuatan udara yang bergerak (mobile) untuk memburu tokoh Fretilin, Nicolau dos Reis Lobato pada Desember 1978. Prestasi yang melambungkan nama Kopassandha adalah saat melakukan operasi pembebasan sandera yaitu para awak dan penumpang pesawat DC-9 Woyla Garuda Indonesian Airways yang dibajak oleh lima orang yang mengaku berasal dari kelompok ekstremis Islam "Komando Jihad" yang dipimpin Imran bin Muhammad Zein, 28 Maret 1981. Pesawat yang tengah menerbangi rute Palembang-Medan itu sempat didaratkan di Penang, Malaysia dan akhirnya mendarat di Bandara Don Mueang, Bangkok. Di bawah pimpinan Letkol Sintong Panjaitan, pasukan Kopassandha mampu membebaskan seluruh sandera dan menembak mati semua pelaku pembajakan. Korban yang jatuh dari operasi ini adalah Capa (anumerta) Achmad Kirang yang meninggal tertembak pembajak serta pilot Kapten Herman Rante yang juga ditembak oleh pembajak. Imran bin Muhammad Zein ditangkap dalam peristiwa tersebut dan dijatuhi hukuman mati.

Pada tahun 1992 menangkap penerus Lobato, Xanana Gusmao, yang bersembunyi di Dili bersama pendukungnya.

Kopassus

Dengan adanya reorganisasi di tubuh ABRI, sejak tanggal 26 Desember 1986, nama Kopassandha berubah menjadi Komando Pasukan Khusus yang lebih terkenal dengan nama Kopassus hingga kini.

ABRI selanjutnya melakukan penataan kembali terhadap grup di kesatuan Kopassus. Sehingga wadah kesatuan dan pendidikan digabungkan menjadi Grup 1, Grup 2, Grup 3/Pusdik Pasuss, serta Detasemen 81.

Sejak tanggal 25 Juni 1996 Kopasuss melakukan reorganisasi dan pengembangan grup dari tiga Grup menjadi lima Grup.

  • Grup 1/Parakomando — berlokasi di Serang, Banten
  • Grup 2/Parakomando — berlokasi di Kartasura, Jawa Tengah
  • Grup 3/Pusat Pendidikan Pasukan Khusus — berlokasi di Batujajar, Jawa Barat
  • Grup 4/Sandhi Yudha — berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur
  • Grup 5/Anti Teror — berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur

Detasemen 81, unit anti teroris Kopassus, ditiadakan dan diintegrasikan ke grup-grup tadi. Sebutan bagi pemimpin Kopassus juga ditingkatkan dari Komandan Kopassus yang berpangkat Brigjen menjadi Komandan Jendral (Danjen) Kopassus yang berpangkat Mayjen bersamaan dengan reorganisasi ini.

Perbedaan struktur dengan satuan infanteri lain

Struktur organisasi Kopassus berbeda dengan satuan infanteri pada umumnya. Meski dari segi korps, para anggota Kopassus pada umumnya berasal dari Korps Infanteri, namun sesuai dengan sifatnya yang khusus, maka Kopassus menciptakan strukturnya sendiri, yang berbeda dengan satuan infanteri lainnya.

Kopassus sengaja untuk tidak terikat pada ukuran umum satuan infanteri, hal ini tampak pada satuan mereka yang disebut Grup. Penggunaan istilah Grup bertujuan agar satuan yang dimiliki mereka terhindar dari standar ukuran satuan infanteri pada umumnya (misalnya Brigade). Dengan satuan ini, Kopassus dapat fleksibel dalam menentukan jumlah personel, bisa lebih banyak dari ukuran brigade (sekitar 5000 personel), atau lebih sedikit.

Lima Grup Kopassus

Kopassus - Demo Bela Diri

Secara garis besar satuan dalam Kopassus dibagi dalam lima Grup, yaitu:

Kecuali Pusdikpassus, yang berfungsi sebagai pusat pendidikan, Grup-Grup lain memiliki fungsi operasional (tempur). Dengan demikian struktur Pusdikpassus berbeda dengan Grup-Grup lainnya. Masing-masing Grup (kecuali Pusdikpassus), dibagi lagi dalam batalyon, misalnya: Yon 11 dan 12 (dari Grup 1), serta Grup 21 dan 22 (dari Grup 2).

Jumlah personel

Karena Kopassus merupakan pasukan khusus, maka dalam melaksanakan operasi tempur, jumlah personel yang terlibat relatif sedikit, tidak sebanyak jumlah personel infanteri biasa, dengan kata lain tidak menggunakan ukuran konvensional mulai dari peleton hingga batalyon. Kopassus jarang sekali (mungkin tidak pernah) melakukan operasi dengan melibatkan kekuatan satu batalyon sekaligus.

Istilah di kesatuan

Karena berbeda dengan satuan pada umumnya, satuan di bawah batalyon bukan disebut kompi, tetapi detasemen, unit atau tim. Kopassus jarang melibatkan personel yang banyak dalam suatu operasi. Supaya tidak terikat dengan ukuran baku pada kompi atau peleton, maka Kopassus perlu memiliki sebutan tersendiri bagi satuannya, agar lebih fleksibel.

Pangkat komandan

  • Komandan Grup berpangkat Kolonel,
  • Komandan Batalyon berpangkat Letnan Kolonel,
  • Komandan Detasemen, Tim, Unit, atau Satuan Tugas Khusus, adalah perwira yang pangkatnya disesuaikan dengan beban tugasnya (mulai Letnan sampai Mayor).

Tahun 2008 pada Acara TV discovery(military chanel)

Ada acara tentang pasukan khusus terbaik di dunia di sebuah stasiun [[TV Discovery]] Channel military.KOPASSUS menduduki peringakat ketiga sebagai pasukan khusus tebaik didunia.Seluruh pasukan khusus didunia dinilai kinerjanya dengan parameter menurut pendapat dari berbagai pengamat bidang militer dan ahli sejarah. Hasilnya, peringkat pertama jatuh ke tangan SAS (Inggris),peringkat kedua adalah MOSSAD (ISRAEL).Dan naratornya bilang mengapa pasukan khusus dari Amerika tidak masuk peringkat terhormat. Itu karena mereka terlalu bergantung pada peralatan yang mengusung teknologi super canggih, akurat dan serba digital. Pasukan khusus yang hebat adalah pasukan yang mampu mencapai kualitas sempurna dalam hal KEMAMPUAN INDIVIDU. Termasuk didalamnya kemampuan bela diri, bertahan hidup, kamuflase, strategi, daya tahan, gerilya, membuat perangkap, dan lain2nya

Sejarah VW Kombi Camper


vw kombi camper westfaliaVW Camper adalah julukan dari VW Kombi yang didesain untuk keperluan berkemah atau kegiatan “outdoor” lainnya. Varian ini sangat terkenal di seluruh dunia dan selalu menjadi incaran para kolektor.

Sebenarnya VW Camper bukanlah produk dari pabrikan Volkswagen, melainkan hasil karya perusahaan karoseri (coachbuilders) seperti : Dormobile, VW Riviera, VW Sun-Dial serta Westfalia-Werke Wieddndruck yang produknya tesohor dengan nama VW Westfalia.

volkswagen camperKarena di rancang untuk kegiatan outdoor, VW camper dilengkapi dengan Peralatan standar seperti :

  • Electrical hookups.
  • Screened Jalousie Windows
  • Laminated folding table
  • Birch plywood panel interior.
  • Ice box atau cold-box.
  • Laminated cabinetry.
  • Bak Cuci Piring (hanya pada beberapa model)

kompor dan bak cuci piring pada vw camperSelain perlengkapan standar ada beberapa perlengkapan tambahan yang dapat dipesan terpisah (optional) seperti :

  • Pop-up top.
  • Tenda.
  • Awning sisi.
  • Kompor.
  • Ranjang tidur anak.
  • Peralatan berkemah.
  • Portabel Chemical toilet.

.

camper Westfalia 1968-1979

.

vw westfaliaDari tahun 1951 sampai dengan tahun 1958, Wesfalia telah membuat lebih dari 1000 contoh Volkswagen Camper. Karya ini terus berlanjut hingga tahun 2003. Pada saat Daimler Chrysler mengambil alih perusahaan Wesfalia, para teknisinya menemukan sebuah “harta karun” yaitu sebuah Volkswagen ‘Barndoor’ Westfalia Camper 1952 di ruang bawah tanah museum Westfalia. Ini adalah VW Camper tertua didunia dan dipercaya sebagai satu-satunya rancangan VW Microbus yang dilengkapi dengan kotak berkemah dan merupakan salah satu dari tiga unit yang pernah diproduksi pada tahun 1952.

VW Camper temuan ini kemudian di restorasi kepada kondisi seperti saat pertama kali diproduksi. Bodinya di cat dengan warna kombinasi yaitu Dove Blue pada eksterior dan warna Putih pada bumper. Pada bulan April tahun 2006, VW Camper hasil restorasi ini dipamerkan pada event England Volkswagen World Show di kota London, komplit dengan perlengkapan interior yang sangat langka yaitu ‘Camper kit‘ atau peralatan kemping.

Oleh Daimler Chrysler, mobil ini kemudian dilelang di Monterey. Oleh karena kelangkaannya, mobil ini dilelang tanpa syarat dan tanpa penawaran. Pihak Daimler Chrysler berharap mobil ini dapat terjual dengan harga antara $ 70.000 – $ 90.000. Sayangnya, tawaran teratas hanya mencapai $ 38.500, walaupun nilai ini cukup besar, tetapi transaksi tidak terjadi karena tidak memuaskan keduabelah pihak.

Bukan saja di Eropa, VW Camper ternyata juga terkenal di Amerika serikat. Populasinya juga cukup banyak karena mobil ini masuk ke amerika berdasarkan pesanan dari orang-orang amerika yang bertugas di jerman antara tahun 1950 – 1960.

vw camper SO-42Pada tahun 1958, modelnya diganti dengan Sonderausfuhrungen, yang kemudian dikenal sebagai ‘SO’, yang artinya “Model Spesial”. Pilihan paket yang tersedia pada model SO seperti SO-16, SO-23, SO-34, SO-35, SO-33, SO-42, SO-44 dan SO-45.

SO-23 yang diproduksi dari tahun 1959 sampai 1961. SO-34 dan SO-35 sama-sama tersedia dari tahun 1961 sampai 1965. SO-34 dilengkapi dengan interior laminasi berwarna putih, sedangkan SO-35 menggunakan lapisan kayu pada interiornya.

Dibawah ini adalah beberapa contoh iklan VW Camper :

iklan VW camper di amerika.

iklan vw camper

Sumber :

  • Ascovip.com
  • conceptcarz.com
  • classcampers.com
  • thesamba.com
  • vwt2oc.com
  • vintagebus.com
  • www2.cip1.com

Sejarah VW Dakota

vw barndoor splittieVolkswagen Type 2 T1 adalah generasi pertama Volkswagen microbus yang mempunyai banyak ciri khas yang tidak dimiliki mobil lain. Ciri khas ini nantinya menjadi nama sebutan bagi kendaraan ini antara lain :

  • VW Splittie : nama ini diambil dari jenis jendela yang digunakan yaitu model menggunakan Split Window (kaca pisah), oleh sebab itu kendaraan ini sering disebut juga sebagai VW Splittie.
  • VW Barndoor : untuk tipe T1a mempunyai keunikan lain yaitu : mesin, tangki bensin, dan ban serep diletakkan dalam satu kompartemen di bagian belakang,mirip sebuah gudang. Tak heran VW Bus generasi pertama ini mempunyai sebutan sebagai VW Barndoor, yang artinya pintu gudang. Kelengkapan lain kendaraan ini adalah ban dan velg berdiameter 16 inci, desain interior yang sangat simpel, serta lampu sinyal berbelok yang akrab disebut semaphore.

vw splittie barndoor.

Nama kendaraan ini juga disebut berdasarkan jumlah jendela pada bodi, yaitu :

  • 11-WINDOW pada tipe STANDAR.
  • 15-WINDOW pada tipe DELUXE.
  • 23-WINDOW pada tipe DELUXE dengan SUNROOF, tipe ini diproduksi mulai tahun 1963 dengan 8 jendela kaca pada bagian atapnya.

.

VW KOMBI 11 WINDOW

split 11 window.

VW KOMBI 15 WINDOW

vw kombi 15 window

.

VW KOMBI 23 WINDOW

vw kombi 23 window

MESIN VW KOMBI

Untuk versi awal yaitu VW Kombi T1 dilengkapi dengan mesin boxer 4 silinder dengan pendingin udara yang terletak di bagian belakang. Kapasitas mesinnya adalah 1,2 Liter, mampu memproduksi tenaga 25 Horsepower, powernya hanya cukup untuk melaju di jalan raya yang relatip datar.

mesin vw kombiPada tahun 1955 mesin ini dimodifikasi agar lebih bertenaga, powernya naik hingga 36 Hp. Pada tahun 1959, mesin ini kembali di modifikasi dan naik menjadi 40 Hp. Sayangnya hasil modifikasi ini terbukti kurang handal, oleh sebab itu Volkswagen segera menarik kembali (recall) hasil produksinya dan menggantikannya dengan versi 40 pk yang lain.

Sumber :

  • Ascovip.com
  • conceptcarz.com
  • ukcar.com
  • vwkombi.com
  • oldbug.com
  • splitwindowgenome.com
  • vwfestival.co.uk

Sejarah VW Kodok

VW Kodok, atau resminya VW Type 1, adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh Volkswagen. Juga dikenal dengan Beetle atau Bug dalam bahasa Inggris, atau Käfer dalam bahasa Jerman, WV Kodok merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya.

VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat terhenti oleh Perang Dunia II. Pada rentang masa yang panjang ini, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat.

Dalam sebuah polling internasional untuk penghargaan mobil yang paling berpengaruh, VW Kodok menempati peringkat keempat setelah Ford Model T, Mini dan Citroën DS.

Asal mula mobil ini berasal dari jaman Nazi Jerman pada tahun 1930an. Adolf Hitler menginginkan agar kendaraan pribadi dapat tersedia untuk masyarakat umum, dan menugaskan seorang insinyur, Ferdinand Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut. Hitler mensyaratkan bahwa kendaraan ini harus mampu mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak kecil, pada kecepatan 100 km/jam, dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor ditambah harga boncengan samping sepeda motor pada waktu itu.

Perancang mobil yang sebenarnya masih kontroversial, karena walaupun secara resmi Ferdinand Porsche adalah perancangnya, pada 1920-an, Joseph Ganz telah merancang mobil yang mirip. Mobil tersebut lebih kecil dan lebih murah, namun para produsen mobil tidak tertarik, justru dua produsen sepeda motor yang tertarik. Adler memproduksi Maikäfer, dan Standard memproduksi Superior, dan mengkampanyekan dalam iklan sebagai ‘Der Deutsche Volkswagen’ (mobil rakyat Jerman).

Ketika Nazi mulai berkuasa, mereka menyukai Superior, namun tidak lama kemudian, Joseph Ganz dimasukkan ke penjara. (Ia kemudian kabur ke Swiss). Kemungkinan alasan dipenjaranya Ganz adalah karena Nazi mengetahui bahwa ia adalah seorang Yahudi. Pemerintah Nazi kemudian mendekati Porsche, yang merancang prototipe mobil yang mirip dengan Superior, yang dinamakan Käfer. Menurut Volkswagen, tidak hanya Ganz yang telah merancang mobil dengan desain mirip, dan Käfer sendiri bukan didesain berdasarkan rancangan Ganz.

Perusahaan Volkswagen dapat bertahan setelah Perang Dunia atas usaha seorang tentara Inggris, Mayor Ivan Hirst. Setelah perang, Hirst diperintah untuk mengepalai pabrik yang telah rusak dibombardir Sekutu dan dikuasai Amerika Serikat. Dimulai dengan usahanya membuang bom yang tidak meledak yang tersangkut di antara mesin produksi, ia kemudian berhasil meyakinkan angkatan bersenjata Inggris untuk memesan 20.000 mobil. Pada tahun 1946, pabrik tersebut telah dapat memproduksi 1.000 mobil per bulan.

Produksi VW Kodok “Type 1″ berkembang pesat dari tahun ke tahun, dan pada 1954 mencapai 1 juta mobil. Pada 1973, produksi telah mencapai 16 juta, dan popularitas mobil telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Mobil ini memiliki nama julukan yang berbeda-beda pada setiap negara, namanya biasanya berupa istilah yang mencoba menggambarkan bentuknya yang unik: Käfer di Jerman; Sedan, lalu Fusca di Brasil; Coccinelle di Perancis; Σκαθάρι (Scathari yang berarti kumbang) atau Σκαραβαίος (Scaraveos yang berarti kumbang jenis Scarabaeidae) di Yunani; Maggiolino di Italia; Sedán atau Vocho di Meksiko; Kever di Belanda; kotseng kuba (yang berarti ‘mobil punggung bongkok’)/”pagong” (kura-kura) di Filipina; Garbus (yang berarti ‘Bongkok’) in Polandia; Brouk di Republik Ceko; Carocha di Portugal; Escarabajo di Spanyol dan Amerika Latin; Hipushit di Israel; Косτенурка (Kostenurka) di Bulgaria (yang berarti kura-kura); عقروقة (Ag-ru-ga) in Iraq; Boble (gelembung) di Norwegia; Buba di Kroasia; Bug di Amerika Serikat, dan tentunya Kodok di Indonesia.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/VW_Kodok

Tips Membeli Mobil Retro Untuk Pemula

Bodi

bodi mobil retroBelilah mobil retro dengan bodi yang masih bagus. Pendapat yang menyatakan lebih hemat dan praktis membeli mobil yang mesinnya bagus sebenarnya kurang tepat. Apabila memperhitungkan biaya perbaikan,akan lebih ekonomis memperbaiki mesin daripada memperbaiki bodi atau melengkapi aksesorisnya yang hilang. Untuk pengecekan kondisi bodi, lakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Lakukan pengecekan pada siang hari.
  • Perhatian tebal dempul yang menutupi bodi. dengan cara mendengarkan perbedaan bunyi pada saat bodi di ketuk dengan tangan.
  • Jangan lupa mengecek chassis/rangka, apakah masih utuh, tidak bengkok dan tidak keropos.
  • Cek gap/celah antara panel body, harus dalam kondisi rata. dan konstan. Jika tidak berarti mobil tersebut pernah tabrakan.
  • Buka juga ruang mesin untuk melihat tulang-tulang besi di ruang mesin, hingga kesudut-sudut sempit di bawah/sekitar radiator dan di sekitar lampu. Jika sudah tidak lurus, tidak mulus atau ada kleman/klingan yang tidak rapi, berarti mobil tersebut pernah tabrakan

.

Kelengkapan surat-surat

bpkb mobil retroMobil retro sebelum tahun 1970, selain STNK dan BPKB, biasanya dilengkapi dengan boekpass yang merupakan surat resmi semacam sertifikat sebelum adanya aturan mengenai BPKB. Jika boekpass tersebut masih ada, mobil itu akan mempunyai nilai tambah untuk dikoleksi. Selanjutnya cek data pada BPKB dan STNK, sesuaikan no rangka dan mesin sesuai dengan yg tertera di STNK dan BPKB. Untuk lebih amannya, cek nomor polisi ke Samsat atau layanan online Polisi, dengan mengirimkan SMS ke 1717, caranya dengan mengetik “metro [nomor polisi]“. Jawabannya berisi data mengenai : Jenis Mobil, Merk, Ukuran Mesin, Warna, Tahun, dan Masa berlaku STNK. Cek juga pajak kendaraan, jika belum dibayar bisa digunakan untuk mereduksi dari harga jual mobil.

.

Transmisi

transmisi otomatis mobil retroJika tidak ingin dipusingkan dengan biaya perbaikan transmisi, sebaiknya menghindari mobil retro dengan transmisi otomatik. Sistem transmisi matik memang memanjakan pengendaranya, tetapi seringkali pemilik lama mengabaikan penggantian oli transmisi. Mobil otomatik sangat sensitif dengan sistem pelumasan. Malas mengganti oli atau pemakaian yang jorok dapat menghancurkan sistem transmisi.

.

Sparepart

sparepart mobil retroAda sedikit perbedaan dari segi biaya perawatan antara mobil retro bermesin (cc) besar dengan mobil bermesin kecil. Mobil bermesin kecil memang irit, tetapi umumnya harga sparepartnya juga mahal dan lebih sering diganti. Sementara mobil bermesin besar memang cenderung boros, tetapi sparepartnya justru terbilang amat murah, awet, dan nyaman.

.

Kondisi Mesin & Perlengkapannya

mesin mobil retroCek kondisi mesin retro secara teliti dengan cara :

  • Nyalakan mesin sekitar lima menit, kemudian matikan. Rogoh knalpot dengan jari dan pastikan jelaga yang menempel di jari Anda dalam keadaan kering. Jika jelaga terasa basah, berarti ada masalah dengan kondisi mesinnya.
  • Buka tutup lubang pengisian oli dan longok bagian dalamnya utk melihat kondisi metal mesin. Jika mesin masih baik, metalnya berwarna putih/kuning bening. Jika warna metal sudah coklat apalagi hitam berarti maintenance atau penggantian olinya kurang bagus.
  • Cabut dipstick oli untuk melihat kondisi olinya.
  • Jangan ragu untuk testdrive dan memacu mesin sampai batas redline, untuk mengetahui kekuatan dan kehalusan dan mesin.
  • Lakukan Test drive pada kondisi panas terik di siang hari dan kondisi jalan yang macet, untuk memastikan temperatur mesin tetap normal dan dapat idle/stationer dgn stabil. Dengan cara ini juga dapat mengetahui kondisi Air Conditioning (AC).
  • Buka rumah filter udara untuk melihat kondisinya, jika sangat kotor, berarti pemilik kurang memperhatikan perawatan mobilnya.
  • Check kebersihan fluida/cairan seperti air radiator, minyak rem, minyak power steering. Jika dalam kondisi bersih, berarti mobil dalam kondisi terawat.
  • Cek Freon AC dengan melongok pada lubang kaca di filter dryer AC, jika ada berbuih ketika AC nyala, berarti ada kebocoran pada saluran freon AC sehingga freon berkurang.

.

Velg & Ban

velg mobil retroCari data mengenai ban dan velg standar mobil retro yang akan anda beli. Jika standarnya ring 13, sedangkan mobil yang akan anda beli memakai ring 17, periksa tie rod dan sistem suspensinya, karena kondisinya pasti kurang baik. Perhatikan juga ban-nya, jika ke-aus-nya tidak rata atau bergelombang berarti ada masalah pada bagian suspensinya (misalnya geometri suspensi kurang tepat atau shockbreaker sudah tidak berfungsi).

.

Cat

cat mobil retroMobil lawas umumnya memakai cat berwarna solid bawaan pabrik. Berbeda dengan cat metalik, cat solid yang sering dipoles malah menyebabkan cat makin tipis dan tidak mengkilat. Untuk mobil dengan warna metalic muda, perhatikan secara cermat dari berbagai sudut untuk melihat perbedaan lapisan, karena warna metalic muda lebih sulit disamakan jika dilakukan pengecatan ulang.

.

Informasi

beli komunitasBergabunglah dengan klub-klub penggemar mobil retro yang anda incar . Mereka punya akses informasi yang lengkap dan umumnya sangat welcome terhadap siapapun. Bawa teman yang faham betul tentang kondisi mobil-mobil lawas juga bisa sangat membantu.

Selamat berburu mobil retro impian anda…………………….

Sejarah VW Kombi

volkswagen type 2 kombiVolkswagen adalah salah satu pabrik mobil terkenal di eropa. VW Beetle adalah mobil produksi pertamanya yang sangat sukses di pasaran, bahkan menjadi legenda di dunia otomotif. Usai perang dunia kedua, Volkswagen kembali memasuki pasar mobil dengan membuat sebuah Microbus. VW jenis ini diberi kode sebagai VW Type 2, menyusul VW Beetle yang diberi kode VW Type 1. VW Type 2 inilah yang nantinya menjadi cikal bakal dari kendaraan van modern untuk pengangkutan kargo dan penumpang.

Ide untuk pembuatan VW Type 2 sebenarnya berasal dari importir mobil VW asal Belanda yang bernama Ben Pon. Pada tahun 1947, Ben terinspirasi oleh troli bermotor di pabrik-pabrik. Ben langsung VW microbus kombi T1membayangkan sebuah mobil berbentuk kotak yang mempunyai ruang sangat lega untuk mengangkut barang-barang seperti sebuah troli. Untuk memujudkan imajinasinya itu, Ben membuat sketsa dengan menggunakan sasis VW Beetle sebagai basic-nya. Bentuknya memang unik, posisi pengemudi tepat diatas roda depan, dan ini memang merupakan desain mobil pertama yang memakai bentuk seperti itu

vw kombi pick up T2aPrototipe pertama VW Microbus memang kurang baik, oleh sebab itu mobil jenis van ini pun mendapat penyempurnaan lebih lanjut di pusat fasilitas wind tunnel Universitas Teknik di Braunschweig, Jerman. Pada tahun 1949, di Jenewa Motor Show, VW Microbus ini ditampilkan kepada publik. Dan pada 8 Maret 1950, ketika Heinz Nordhoff menjadi kepala eksekutif, Volkswagen segera menyempurnakan desain ini dan memasukkannya ke dalam produksi.

Generasi pertama VW Microbus type 2 yaitu T1-pun segera diproduksi pada tanggal 08 Maret 1950 di pabrik Wolfsburg (1950-1956) dg kapasitas 10 unit perhari, selanjutnya di pabrik baru di Hanover dan terus berlanjut pada pabrik-pabrik lainnya dengan berbagai versi yaitu :

  • VW Type 2 T1 diproduksi dari 1950 hingga 1967 di jerman, sedangkan di Brazil diproduksi hingga tahun 1975. Ciri mobil ini adalah ukuran pintu belakang yang besar dan lingkar roda berukuran 16 inchi.
  • VW Type 2 T2 yang mulai diproduksi pada tahun 1968 hingga 1979. Produksi dilanjutkan di Meksiko sampai dengan tahun 1980, kemudian di Brasil sampai dengan tahun 1996. Perbedaaan dengan T1 adalah pintu belakang yang lebih kecil serta lingkar roda yang lebih kecil yaitu berukuran 15 inchi. Versi yang diproduksi sebelum 1971 disebut sebagai T2a sementara yang dihasilkan setelah 1972 diberi label T2b.
  • VW Tipe 2 T3 diperkenalkan pada tahun 1979 dan diproduksi sampai tahun 1991.
  • Dilanjutkan dengan versi-versi lainnya hingga sekarang

vw kombi 4x4 t2bSelama diproduksi hampir empat dekade tersebut, desain VW Type 2 itu hampir tidak berubah. Jumlah total keseluruhan produksinya mencapai lima juta unit.

Mobil ini mempunyai keunggulan yaitu ruang penumpang yang sangat lapang. Dengan kapasitas angkut untuk 8 orang penumpang, tetap menyisakan ruang yang cukup lega. Dengan mesin yang dipasang di belakang, sopir tidak terganggu oleh kebisingan yang keluar dari mesinnya. Selain itu dengan harga jual yang cukup murah, mobil ini menjadi pilihan utama dibandingkan dengan mobil sejenis microbus lainnya.

Selain kategori diatas, ada banyak pengecualian dalam cara penamaan ini vw kombi t3dengan banyak nama alternatif. antara lain : Eurovan, Microbus, Westfalia Camper, Panel Van, Kombi, Samba, Pick-up, Westy, Multivan, Weekender, Splittie, 11-window, 13-window, 15-window,21-window, 23-window, Breadloaf, Bay-Window, Vanagon, VW Bus, Bully,dll.

VW kombi

Sumber :

  • Wikimedia.org
  • Flickr.com
  • ph.utexas.edu

Sejarah VW Safari Camat

Pada tahun 1970-an, kondisi jalan di wilayah Indonesia masih belum sebaik sekarang.

Pejabat pemerintah Indonesia yang sedang gencar-gencarnya melaksanakan pembangunan di berbagai sektor, seringkali mengalami kesulitan untuk menjangkau daerah-daerah yang masih minim sarana dan prasarana.

Oleh sebab itu, pemerintah merasa perlu melengkapi pejabat di daerah dengan kendaraan yang sesuai dengan keperluan tersebut. Ada banyak pilihan kala itu, tetapi Pemerintah memutuskan untuk menggunakan VW Tipe 181 sebagai kendaraan dinas pejabat di daerah, dengan pertimbangan sebagai berikut :

  1. Kendaraan ini memang di desain untuk segala medan ( all-track),walaupun tidak untuk off road kelas berat tapi mampu melewati berbagai jenis jalan.
  2. Fleksibel, karena dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluan.
  3. Terbukti kuat dan tangguh,karena kendaraan ini digunakan juga oleh angkatan darat Jerman.
  4. Modelnya sederhana, dan mudah dipelihara.

Dengan ciri khas yang sangat mudah dikenali yaitu cat berwarna oranye serta penumpang yang terlihat gagah dengan seragam pemimpin wilayah (Camat), bertahun-tahun kendaraan ini lalu lalang di hampir seluruh wilayah Indonesia dan menjadi memory yang sulit untuk dilupakan. Tidak mengherankan nantinya VW Tipe 181 ini lebih dikenal sebagai “ VW Camat”.

Kepopuleran VW Camat tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di banyak negara di seluruh dunia. Terbukti dengan banyaknya nama yang disematkan untuk kendaraan ini, seperti : Kurierwagen di Jerman, Trekker di Inggris, Thing di Amerika Serikat, Mehrzweckwagen (multi-purpose wagon/vehicle), Pescaccia, sedangkan sebutan sebagai “Safari” berasal dari Negara Meksiko.

Dari sejak lahir, VW Safari adalah tipikal kendaraan militer . Pintu-pintunya terbuat dari baja yang mudah di bongkar pasang. Jendelanya dapat dilepas dengan mudah tanpa menggunakan alat. Kaca depannya dapat dilipat. Interiornya sederhana namun fungsional. Kursinya model datar. Semua perlengkapan mengingatkan kita pada kendaraan Jeep produksi Amerika yang sangat terkenal itu bukan ?.

Hal tersebut tak lepas dari sejarah VW Safari, yang dimulai saat Angkatan Darat Jerman memesan kendaraan operasional kepada pabrik mobil Volkswagen. Pihak Angkatan Darat Jerman memerlukan kendaraan militer yang tangguh,murah dan mudah dirawat.

Persyaratan ini coba dipenuhi oleh Volkswagen dengan mendesain ulang kendaraan militer yang pernah dibuat untuk keperluan Perang Dunia II, yaitu Kubelwagen.

Hasilnya memang sangat berbeda dengan nenek moyangnya Perubahan yang paling nyata terlihat adalah :

  • Dashboard dengan model yang lebih modern.
  • Panel indikator yang lebih lengkap.
  • Menggunakan mesin dengan output 40 hp.
  • Transmisi telah menggunakan synchromesh.
  • Ban serep terletak di dalam ruang bagasi depan.
  • Fender dengan bentuk kotak.
  • Pintu yang dirancang ulang dengan engsel di sisi depan, berikut handle pintu dengan bentuk baru (berbeda dengan Kubel yang engselnya dibagian belakang).
  • Lampu sorot yang dipasang didalam fender (Kubel diatas fender).
  • Penambahan bemper.
  • Pilihan model hard-top dan Soft-top
  • Penambahan pemanas ruangan.
  • Perubahan lain adalah saat dihilangkannya “rear hub reduction gears” pada akhir tahun 1973, serta tidak lagi menggunakan “limited slip differential”.

Untuk mengejar sisi ekonomisnya, Volkswagen memanfaatkan komponen-komponen yang telah digunakan pada produk-produk VW yang lain. Sebagai contoh :

  1. Lantai (Floorpan) diambil dari VW Tipe 14 (Karmann Ghia).
  2. Komponen Mekanis, rear-engine platform, transmisi manual, mesin 4 silinder, lampu (headlight), dan panel-panel indikator diambil dari VW Tipe 1 (Beetle).
  3. Front axle beam, diambil dari VW Beetle yang kemudian di-reinforced (diperkuat).
  4. Rear axle dengan reduction boxes, diambil dari VW Tipe 2 (Transporter) versi awal.

Hasil rancangan ini mendapat persetujuan dari Angkatan Darat Jerman, oleh Volkswagen desain baru ini diberi kode sebagai VW Tipe 18.

Produksi pertama dengan kode VW Tipe 181, dimulai pada tahun 1969, digunakan seluruhnya untuk memenuhi pesanan Angkatan Darat Jerman. Selanjutnya, untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi yang telah ditanamkan, Volkswagen memutuskan untuk memproduksi VW Tipe 181 versi sipil. Launching produk versi sipil ini dilakukan pada tahun yang sama yaitu 1969, dengan mengambil tempat di Francfort’s show room.

VW Camat diproduksi dalam 2 periode. Periode pertama yaitu tahun 1969-1972, seluruhnya diproduksi di Jerman. Sedangkan periode kedua yaitu tahun 1972-1980, produksinya di alihkan ke Mexico, dengan nama VW Safari. Melalui VW Safari ini, industri mobil Mexico mencatat sejarah, karena untuk pertama kalinya Mexico dapat memproduksi VW sekaligus mengeksport mobil tersebut ke negara Amerika Serikat.

Di Amerika Serikat, kendaraan ini dipasarkan dengan nama sebagai VW Thing, atau “The Thing” saja. Mobil ini cukup populer di Amerika Serikat, khususnya di daerah-daerah yang tidak terlalu dingin karena dianggap sebagai kendaraan convertible dengan harga yang terjangkau.

Untuk memenuhi keinginan konsumen, selain versi standar, Pabrik VW di Mexico juga memproduksi edisi spesialnya yaitu Acapulco. Perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan versi standar adalah penggunaan variasi warna dengan menambahkan garis seperti warna dasar putih dengan paduan garis berwarna oranye,hijau atau biru. Selain itu juga ditambahkan beberapa aksesoris lain yaitu : Running Board, Kain pelapis khusus dan Surrey Top

Di puncak kesuksesannya, pada tahun 1975 VW Thing dihentikan pemasarannya oleh pemerintah Amerika Serikat, karena dianggap tidak dapat memenuhi standar keselamatan sebagai kendaraan penumpang. Jarak antara kursi penumpang dengan kaca depan ( berdasarkan The Windshield Intrusion Rule) dianggap terlalu dekat, sehingga sangat membahayakan penumpang pada saat terjadi kecelakaan.

Perkembangan selanjutnya adalah penambahan versi “Setir Kanan”, yang diberi kode produksi VW Tipe 182. Versi ini dibuat untuk pasar Inggris dan dipasarkan dengan nama VW Trekker. Versi inilah yang nantinya masuk ke Indonesia dan digunakan sebagai kendaraan dinas Camat.

Dari tahun 1969 – 1983 (penjualan versi sipil dihentikan tahun 1980), VW Safari telah diproduksi sebanyak 90,883 unit ( 70,519 unit di Jerman dan 20,364 unit di Mexico). Total unit versi militer yang digunakan oleh Angkatan Darat Jerman saja , sampai dengan tahun 1979 mencapai 15.000 unit, selain 1.000 unit yang dibeli pemerintah Jerman untuk berbagai keperluan. Belum termasuk sejumlah kontrak dengan tentara-tentara dari beberapa negara lain seperti : Austria, Perancis, Belanda, Belgia, Denmark, Marokko, Inggris, Mexico, Portugal, Swiss, dan Amerika Serikat, walaupun hanya digunakan di Jerman saja.

Di Asia, tercatat Kesultanan Brunei pernah memesan beberapa unit VW Tipe 181 versi militer ini, untuk digunakan oleh pasukan pengawal sultan. Venezuela dan Australia juga pernah mempertimbangkan untuk membeli 181, namun entah mengapa mereka mendadak membatalkan pesanannya.

Penggunaan VW Tipe 181 oleh Angkatan Darat Jerman terhitung cukup lama. Sampai dengan tahun 1992, masih ada sekitar 4000-an unit VW 181 yang tetap beroperasi. Bahkan sampai dengan tahun 1999, masih ada beberapa yang beroperasi di ketentaraan Jerman. Ketika tentara Jerman tidak lagi menggunakan VW 181, sebagian kendaraan ini dijual kepada umum dan sebagian disumbangkan ke tentara Turki dan Yunani.

Sepanjang perjalanan sejarahnya, sesungguhnya hanya ada satu model VW Safari, dengan sejumlah variasi penyempurnaan. Mulai pembuatan versi “setir kanan”, penyempurnaan di sistem penerangan, dan penyempurnaan sistem pengendalian gas buang (untuk memenuhi aturan di negara-negara tertentu). Perubahan yang agak besar dilakukan pada tahun 1974, pada bagian transmisi. Transmisi model lama yaitu swing-axle, diganti dengan transmisi model double-jointed axles yang dilengkapi dengan constant-velocity joints.

Sumber :

Monday, August 30, 2010

The Secrets: Kesaksian Iblis

Dari Muadz bin Jabal dari Ibn Abbas:

Ketika kami sedang bersama Rasulullah SAW di kediaman seorang sahabat Anshar, tiba-tiba terdengar panggilan seseorang dari luar rumah: "Wahai penghuni rumah, bolehkah aku masuk? Sebab kalian akan membutuhkanku." Rasulullah bersabda: "Tahukah kalian siapa yang memanggil?" Kami menjawab: "Allah dan rasulNya yang lebih tahu". Beliau melanjutkan, "Itu iblis, laknat Allah bersamanya".

Umar bin Khattab berkata: "izinkan aku membunuhnya wahai Rasulullah". Nabi menahannya: "Sabar wahai Umar, bukankah kamu tahu bahwa Allah memberinya kesempatan hingga hari kiamat? Lebih baik bukakan pintu untuknya, sebab dia telah diperintahkan untuk ini, pahamilah apa yang hendak ia katakan dan dengarkan dengan baik."

Ibnu Abbas RA berkata: pintu lalu dibuka, ternyata dia seperti seorang kakek yang cacat satu matanya. Di janggutnya terdapat 7 helai rambut seperti rambut kuda, taringnya terlihat seperti taring babi, bibirnya seperti bibir sapi. Iblis berkata: "Salam untukmu Muhammad. Salam untukmu para hadirin",Rasulullah SAW lalu menjawab: "Salam hanya milik Allah SWT. Sebagai mahluk terlaknat, apa keperluanmu?" Iblis menjawab: "Wahai Muhammad, aku datang ke sini bukan atas kemauanku, namun karena terpaksa". "Siapa yang memaksamu? " "Seorang malaikat utusan Allah mendatangiku dan berkata: Allah SWT memerintahkanmu untuk mendatangi Muhammad sambil menundukkan diri. Beritahu Muhammad tentang caramu dalam menggoda manusia. Jawabalah dengan jujur semua pertanyaannya. Demi kebesaran Allah, andai kau berdusta satu kali saja, maka Allah akan jadikan dirimu debu yang ditiup angin".

"Oleh karena itu aku sekarang mendatangimu. Tanyalah apa yang hendak kau tanyakan. jika aku berdusta, aku akan dicaci oleh setiap musuhku. Tidak ada sesuatu pun yang paling besar menimpaku daripada cacian musuh".

Orang yang Dibenci Iblis

Rasulullah SAW lalu bertanya kepada Iblis: "Kalau kau benar jujur, siapakah manusia yang paling kau benci?" Iblis segera menjawab: "Kamu, kamu dan orang sepertimu adalah mahkluk Allah yang paling aku benci.""Siapa selanjutnya?" tanya Rasulullah."Pemuda yang bertakwa yang memberikan dirinya mengabdi kepada Allah SWT.""Lalu siapa lagi?""Orang Alim dan wara' (Loyal)""Lalu siapa lagi?""Orang yang selalu bersuci.""Siapa lagi?""Seorang fakir yang sabar dan tak pernah mengeluhkan kesulitannnya kepada orang lain.""Apa tanda kesabarannya?"" Wahai Muhammad, jika ia tidak mengeluhkan kesulitannya kepada orang lain selama 3 hari, Allah akan memberi pahala orang-orang yang sabar"."Selanjutnya apa?""Orang kaya yang bersyukur""Apa tanda kesyukurannya?""Ia mengambil kekayaannya dari tempatnya, dan mengeluarkannya juga dari tempatnya.""Orang seperti apa Abu Bakar menurutmu?""Ia tidak pernah menurutiku di masa jahiliyah, apalagi dalam Islam.""Umar bin Khattab?""Demi Allah setiap berjumpa dengannya aku pasti kabur.""Usman bin Affan?""Aku malu kepada orang yang malaikat pun malu kepadanya.""Ali bin Abi Thalib?"" Aku berharap darinya agar kepalaku selamat, dan berharap ia melepaskanku dan aku melepaskannya. Tetapi ia tak akan mau melakukan itu." (Ali bin Abi Thalib selau berdzikir terhadap Allah SWT)

Amalan yang Dapat Menyakiti Iblis

"Apa yang kau rasakan jika melihat seseorang dari umatku yang hendak saalat?""Aku merasa panas dingin dan gemetar.""Kenapa?""Sebab, setiap seorang hamba bersujud 1x kepada Allah, Allah mengangkatnya 1 derajat.""Jika seorang umatku berpuasa?""Tubuhku terasa terikat hingga ia berbuka.""Jika ia berhaji?""Aku seperti orang gila.""Jika ia membaca Alquran?""Aku merasa meleleh laksana timah di atas api.""Jika ia bersedekah?""Itu sama saja orang tersebut membelah tubuhku dengan gergaji.""Mengapa bisa begitu?""Sebab dalam sedekah ada 4 keuntungan baginya. yaitu keberkahan dalam hartanya, hidupnya disukai, sedekah itu kelak akan menjadi hijab antara dirinya dengan api neraka dan segala macam musibah akan terhalau dari dirinya.""Apa yang dapat mematahkan pinggangmu?""Suara kuda perang di jalan Allah.""Apa yang dapat melelehkan tubuhmu?""Taubat orang yang bertaubat.""Apa yang dapat membakar hatimu?""Istighfar di waktu siang dan malam.""Apa yang dapat mencoreng wajahmu?""Sedekah yang diam - diam.""Apa yang dapat menusuk matamu?""Salat fajar""Apa yang dapat memukul kepalamu?""Saalat berjamaah.""Apa yang paling mengganggumu?""Majelis para ulama.""Bagaimana cara makanmu?""Dengan tangan kiri dan jariku.""Dimanakah kau menaungi anak - anakmu di musim panas?""Di bawah kuku manusia."

Manusia yang Menjadi Teman Iblis

Nabi lalu bertanya: "Siapa temanmu wahai Iblis?""Pemakan riba""Siapa sahabatmu?""Pezina""Siapa teman tidurmu?""Pemabuk""Siapa tamumu?""Pencuri""Siapa utusanmu?""Tukang sihir""Apa yang membuatmu gembira?""Bersumpah dengan cerai""Siapa kekasihmu?""Orang yang meninggalkan salat Jumaat""Siapa manusia yang paling membahagiakanmu?""Orang yang meninggalkan salatnya dengan sengaja"

Iblis Tidak Berdaya di Hadapan Orang Ikhlas

Rasulullah SAW lalu bersabda: "Segala puji bagi Allah yang telah membahagiakan umatku dan menyengsarakanmu."Iblis segera menimpali: " tidak, tidak. Tak akan ada kebahagiaan selama aku hidup hingga hari akhir. Bagaimana kau bisa berbahagia dengan umatmu, sementara aku bisa masuk ke dalam aliran darah mereka dan mereka tak bisa melihatku.Demi yang menciptakan diriku dan memberikan ku kesempatan hingga hari akhir, aku akan menyesatkan mereka semua. Baik yang bodoh, atau yang pintar, yang bisa membaca dan tidak bisa membaca, yang durjana dan yang saleh, kecuali hamba Allah yang ikhlas."

"Siapa orang yang ikhlas menurutmu?""Tidakkah kau tahu wahai Muhammad, bahwa barang siapa yang menyukai emas dan perak, ia bukan orang yang ikhlas. Jika kau lihat seseorang yang tidak menyukai dinar dan dirham, tidak suka pujian dan sanjungan, aku bisa pastikan bahwa ia orang yang ikhlas, maka aku meninggalkannya. Selama seorang hamba masih menyukai harta dan sanjungan dan hatinya selalu terikat dengan kesenangan dunia, ia sangat patuh padaku."

Iblis Dibantu oleh 70.000 anak - anaknya

Tahukah kamu Muhammad, bahwa aku mempunyai 70.000 anak. Dan setiap anak memiliki 70.000 syaithan. Sebagian ada yang aku tugaskan untuk mengganggu ulama. Sebagian untuk menggangu anak-anak muda, sebagian untuk menganggu orang-orang tua, sebagian untuk menggangu wanta-wanita tua, sebagian anak-anakku juga aku tugaskan kepada para Zahid.

Aku punya anak yang suka mengencingi telinga manusia sehingga ia tidur pada salat berjamaah. Tanpanya, manusia tidak akan mengantuk pada waktu salat berjamaah.Aku punya anak yang suka menaburkan sesuatu di mata orang yang sedang mendengarkan ceramah ulama hingga mereka tertidur dan pahalanya terhapus.Aku punya anak yang senang berada di lidah manusia. Jika seseorang melakukan kebajikan lalu ia beberkan kepada manusia, maka 99% pahalanya akan terhapus.Pada setiap seorang wanita yang berjalan, anakku dan syaithan duduk di pinggul dan pahanya, lalu menghiasinya agar setiap orang memandanginya.

Syaithan juga berkata, "keluarkan tanganmu", lalu ia mengeluarkan tangannya lalu syaithan pun menghiasi kukunya. Mereka, anak-anakku selalu meyusup dan berubah dari satu kondisi ke kondisi lainnya, dari satu pintu ke pintu yang lainnya untuk menggoda manusia hingga mereka terhempas dari keikhlasan mereka.Akhirnya mereka menyembah Allah tanpa ikhlas, namun mereka tidak merasa.Tahukah kamu, Muhammad? bahwa ada rahib yang telah beribadat kepada Allah selama 70 tahun. Setiap orang sakit yang didoakan olehnya, sembuh seketika. Aku terus menggodanya hingga ia berzina, membunuh dan kufur.

Cara Iblis Menggoda

Tahukah kau Muhammad, dusta berasal dari diriku?Akulah mahluk pertama yang berdusta.Pendusta adalah sahabatku. barangsiapa bersumpah dengan berdusta, ia kekasihku.Tahukah kau Muhammad?Aku bersumpah kepada Adam dan Hawa dengan nama Allah bahwa aku benar-benar menasihatinya. Sumpah dusta adalah kegemaranku. Ghibah (gosip) dan Namimah (adu domba) kesenanganku. Kesaksian palsu kegembiraanku. Orang yang bersumpah untuk menceraikan istrinya ia berada di pinggir dosa walau hanya sekali dan walaupun ia benar. Sebab barang siapa membiasakan dengan kata-kata cerai, isterinya menjadi haram baginya. Kemudian ia akan beranak cucu hingga hari kiamat. Jadi semua anak-anak zina dan ia masuk neraka hanya karena satu kalimat, Cerai.

Wahai Muhammad, umatmu ada yang suka mengulur ulur salat. Setiap ia hendak berdiri untuk salat, aku bisikan padanya waktu masih lama, kamu masih sibuk, lalu ia manundanya hingga ia melaksanakan salat di luar waktu, maka shalat itu dipukulkannya kemukanya.

Jika ia berhasil mengalahkanku, aku biarkan ia salat. Namun aku bisikkan ke telinganya 'lihat kiri dan kananmu', ia pun menoleh. Pada saat itu aku usap dengan tanganku dan kucium keningnya serta aku katakan 'salatmu tidak sah'. Bukankah kamu tahu Muhammad, orang yang banyak menoleh dalam salatnya akan dipukul.

Jika ia salat sendirian, aku suruh dia untuk bergegas. Ia pun salat seperti ayam yang mematuk beras.

Jika ia berhasil mengalahkanku dan ia salat berjamaah, aku ikat lehernya dengan tali, hingga ia mengangkat kepalanya sebelum imam, atau meletakkannya sebelum imam.Kamu tahu bahwa melakukan itu batal salatnya dan wajahnya akan diubah menjadi wajah keledai.

Jika ia berhasil mengalahkanku, aku tiup hidungnya hingga ia menguap dalam salat.Jika ia tidak menutup mulutnya ketika menguap, syaithan akan masuk ke dalam dirinya, dan membuatnya menjadi bertambah serakah dan gila dunia. Dan ia pun semakin taat padaku.

Kebahagiaan apa untukmu, sedangan aku memerintahkan orang miskin agar meninggalkan salat. Aku katakan padanya, "kamu tidak wajib salat, salat hanya wajib untuk orang yang berkecukupan dan sehat. Orang sakit dan miskin tidak. Jika kehidupanmu telah berubah baru kau salat."Ia pun mati dalam kekafiran. Jika ia mati sambil meninggalkan salat maka Allah akan menemuinya dalam kemurkaan.

Wahai Muhammad, jika aku berdusta Allah akan menjadikanku debu.Wahai Muhammad, apakah kau akan bergembira dengan umatmu padahal aku mengeluarkan seperenam mereka dari Islam?"

10 Permintaan Iblis kepada Allah SWT

"Berapa yang kau pinta dari Tuhanmu?""10 macam""Apa saja?""Aku minta agar Allah membiarkanku berbagi dalam harta dan anak manusia, Allah mengizinkan. Allah berfirman, "Berbagilah dengan manusia dalam harta dan anak. Dan janjikanlah mereka, tidaklah janji setan kecuali tipuan." (QS Al-Isra :64)Harta yang tidak dizakatkan, aku makan darinya. Aku juga makan dari makanan haram dan yang bercampur dengan riba. Aku juga makan dari makanan yang tidak dibacakan nama Allah.

Aku minta agar Allah membiarkanku ikut bersama dengan orang yang berhubungan dengan istrinya tanpa berlindung dengan Allah. Maka setan ikut bersamanya dan anak yang dilahirkan akan sangat patuh kepada syaithan.

Aku minta agar bisa ikut bersama dengan orang yang menaiki kendaraan bukan untuk tujuan yang halal. Aku minta agar Allah menjadikan kamar mandi sebagai rumahku.Aku minta agar Allah menjadikan pasar sebagai masjidku. Aku minta agar Allah menjadikan syair sebagai Quranku. Aku minta agar Allah menjadikan pemabuk sebagai teman tidurku. Aku minta agar Allah memberikanku saudara, maka Ia jadikan orang yang membelanjakan hartanya untuk maksiat sebagai saudaraku.

Allah berfirman, "Orang - orang boros adalah saudara - saudara syaithan. " (QS Al-Isra : 27)

Wahai Muhammad, aku minta agar Allah membuatku bisa melihat manusia sementara mereka tidak bisa melihatku. Dan aku minta agar Allah memberiku kemampuan untuk mengalir dalam aliran darah manusia. Allah menjawab, "silahkan", aku bangga dengan hal itu hingga hari kiamat. Sebagian besar manusia bersamaku di hari kiamat.Iblis berkata: "Wahai Muhammad, aku tak bisa menyesatkan orang sedikitpun, aku hanya bisa membisikan dan menggoda."

Jika aku bisa menyesatkan, tak akan tersisa seorangpun. Sebagaimana dirimu, kamu tidak bisa memberi hidayah sedikitpun, engkau hanya rasul yang menyampaikan amanah. Jika kau bisa memberi hidayah, tak akan ada seorang kafir pun di muka bumi ini. Kau hanya bisa menjadi penyebab untuk orang yang telah ditentukan sengsara.Orang yang bahagia adalah orang yang telah ditulis bahagia sejak di perut ibunya. Dan orang yang sengsara adalah orang yang telah ditulis sengsara semenjak dalam kandungan ibunya.

Rasulullah SAW lalu membaca ayat: "mereka akan terus berselisih kecuali orang yang dirahmati oleh Allah SWT" (QS Hud :118 - 119). Juga membaca, " Sesungguhnya ketentuan Allah pasti berlaku" (QS Al-Ahzab: 38)

Iblis lalu berkata: " Wahai Rasul Allah takdir telah ditentukan dan pena takdir telah kering. Maha Suci Allah yang menjadikanmu pemimpin para nabi dan rasul, pemimpin penduduk surga, dan yang telah menjadikan aku pemimpin mahluk-mahluk celaka dan pemimpin penduduk neraka. Aku si celaka yang terusir. Ini akhir yang ingin aku sampaikan kepadamu. Dan aku tak berbohong."

Diolah oleh Tim Rumah Zakat Indonesia

Allah Maha Besar

Kutiapan dari kaskus gan.. merinding bacanya

ceritanya sih udah berlangsung taun 2008 gan...

Ane punya temen, sebut aje namanya kinoy. Nah, tu bocah kelakuannya boleh di bilang blangsak gan, ga jauh beda ma tsjangankan solat, ngaji aja dia kaga bisa (kalo ts jarang solat, tp bisa ngaji )

nah, si kinoy ini aneh bin ajaib. Kenapa? Masa orang kek dia naksir cewek berjilbab

bukan masalah ceweknya yang pake jilbab, tapi, ya ampuuuun ape kate orang2 kalo tu cewek yang cakep, manis, agamis, yang taat ibadah, rajin solat, ampe jadian ama orang kek si kinoy

tapi, tetep aja gan tuh si kinoy keukeuh pengen dapetin si cewek berjilbab, sebut aje aisyah (biar kek di pelem ayat2 cinta gt :d )si kinoy ntu ngejar2 aisyah dari taon 2006. Tapi ya apa boleh buat gan, udah pasti keliatan, usaha si kinoy bagaikan menegakkan benang basah, sia2 aja dahh...

Nah...ampe pada suatu malem, ane ma kinoy ketemu ma aisyah, kita sama2 pesen nasgor di daerah bungur, kebayoran lama. Waktu itu lagi rame gan, malam minggu sihh. Dan ga tau dah jin apa yang ngerasukin si kinoy, tiba2 dia bisik2 ma ane,

k = kinoyts = ane/tsa = aisyah

k : Cuy, ni usaha gw yang terakhir, kalo ampe tu si aisyah masih ga nganggep gw, gw bakal nyerah dan berenti ngejar2 diats : Serius lu...???

tiba2 tuh si kinoy nyelonong aje deketin si aisyah, trusss...

k : Aisyah, kamu mau masuk surga ga?ts/aisyah/pembeli/tukang nasgor : Hening sejenak, menglongo, mangap....kaget...a : Maksudnya? Ya tentu semua muslim mengharapkan ridho allah dan dijaminkan surga baginya (dengan gaya ustadzah gituuu gan )k : Kalo gitu, nikah sama gw, ajarin gw solat, ngaji, puasa dan jadiin gw seorang "muslim"....

yang ini ane gak maen2 gan, ane ampe jatohin gelas es teh ampe pecah, saking kagetnya...!!! Tapi tu aisyah ga jawab apa2, dia malah pegi dan g jadi beli nasgor. Ane yang ketempuhan, kudu gantiin tu gelas yang pecah

besoknya, ane dpt sms dari aisyah, ga tau kenapa aisyah kok sms ane, bukan ke si kinoy. Ane dapet amanah buat nganterin si kinoy ke rumah aisyah. Pas nyampe disana, malam...bujjjuuuu...bokap, nyokap, ame 2 orang saudara aisyah dah nunggu, ane ampe keluar keringet dingin gan...

Singkat cerita, kinoy ditanyain ama bokapnya aisyah, apakah dia serius ato kagak. Kalo ane liat ekspresi muka nyokapnya sih, kek na 100% gak setuju anaknya jadian ama si kinoy, secara ane aja kagak bakalan setuju :d

dan subhanallah gan...allah gak pernah ingkar sama orang yang bersungguh2. Percaya ato tidak, si kinoy nikah ama aisyah, skr punya 1 momongan, masih balita.

Dan yang paling ngagetin ane, ternyata, mesjid yang selama ini ane pake buat jumatan, di seberang tukang nasgor yang ada dicerita, adalah hasil wakaf si kinoy dan isterinya, subhanallah, allah maha kuasa gan...

Saturday, August 28, 2010

Ini dia alasan kenapa Islam menganjurkan baca "Alhamduliilah" setelah bersin

Setiap orang pasti pernah bersin, iya gak? :D termasuk saya yang alergi terhadap debu, makanya stiap kali kena debu selalu bersin2. Lalu tahukah temen2 apa yang sebenarnya terjadi ketika kita bersin? nah untuk itu saya akan menulis artikel ini yang akan mengulas tentang apa yang terjadi saat kita bersin.

Lebih dulu kita perlu tahu apa sih bersin itu? Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin. Nah makanya temen2 kalau bersin sebaiknya menggunakan tissue agar air2 yang mengandung penyakit itu tidak menyebar kemana2. Soalnya saya sendiri pernah ngalamin ada orang disamping saya yang lagi flu maen bersin gitu aja (saya mau menegur juga ga enak), selain flu'nya menular kesaya waktu dia bersin itu busssettt baunya minta ampun mungkin karena air2 yang disemprotkannya itu menyebar kemana2 hhee......malah ngomongin org :D

Lalu kenapa kalau kita lagi bersin pasti menutup mata? karena syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling berkaitan, sehingga pada saat kita bersin, maka secara otomatis mata kita akan terpejam. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung. Pada saat kita bersin, secara refleks otot-otot yang ada di muka kita menjadi tegang, jantung akan berhenti berdenyut sesaat. Segera setelah bersin maka jantung akan kembali lagi berdenyut alias berdetak kembali.

Penyebab bersin;
1. Aliran udara yang masuk akan melewati rongga hidung yang diselimuti selaput lendir hidung, bila selaput lendir ini terkena dengan bahan-bahan iritan atau alergen maka akan timbul bersin.
2. Timbul akibat adanya peradangan (rhinosinusitis), benda asing, infeksi virus, atau reaksi alergi.

Reaksi yang ditimbulkan oleh Bersin;
Terjadi gejala alergi yang menimbulkan reaksi,
1. Bersin-bersin.
2. Hidung gatal.
3. Pilek encer.
4. Hidung tersumbat.

Bersin sebenarnya berguna menjaga agar hidung tetap bersih, bersin yang terjadi berulang-ulang diharapkan dapat membantu upaya pembersihan dalam rongga hidung.

Ada sedikit hikmah yang belum begitu kita ketahui, bahwa sebenarnya Allah SWT Cinta kepada orang yang Bersin dan Malah Benci kepada Orang yang menguap, namun ada baiknya kita simak Hadist berikut.

Rasulullah bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (( إن الله يحب العطاس ويكره التثاؤب، فإذا عطس فحمد الله فحق على كل مسلم سمعه أن يشمته، وأما التثاؤب فإنما هو من الشيطان فليرده ما استطاع، فإذا قال: ها، ضحك منه الشيطان )) صحيح البخاري في الأدب 6223

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ta’alaa anhu, Rasulullah bersabda, “Sungguh Allah mencintai orang yang bersin dan membenci orang yang menguap, maka jika kalian bersin maka pujilah Allah, maka setiap orang yang mendengar pujian itu untuk menjawabnya; adapun menguap, maka itu dari syaitan, maka lawanlah itu sekuat tenagamu. Dan apabil seseorang menguap dan terdengar bunyi: Aaaa, maka syaitan pun tertawa karenanya”.
Shahih Bukhari, 6223.


Jantung berhenti berdetak saat kita bersin.
Beberapa mahasiswa dari sebuah universitas di Amerika membuat penelitian tentang bersin ini. Mereka ingin tau kenapa manusia bersyukur dan saling mendoakan pada saat bersin. Dari hasil penelitian, ternyata pada saat bersin jantung manusia berhenti berdetak NOL KOMA SEKIAN DETIK. Dan kita tau kalau jantung merupakan organ vital bagi manusia, maka dari itu hendaknya ketika kita bersin mengucap "Alhamdulillah" (segala puji bagi Allah) sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT. Sedangkan orang yang mendengarnya mendo'akan "yarhamukallooh" (semoga Allah merahmatimu), sedangkan orang yg bersin membalas doa'nya "yahdiikumullooh wayushlih baalakum" (semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu).

Semoga artikel ini bermanfaat.. :)

sumber: aneuknanggroe.co.cc

Istri Idaman ku ?

Semua pasti mau kan punya pacar yang bisa dalam segala hal,cantik dan Taat agamanya pula..
ini gue buat buat cowo2 yang lagi nyari pacar sama kaya gue :P~ hehheheee,
ini menurut versi gue, bisa lo tambah lagi kok dengan ngisi commentnya oke...

1. TAAT AGAMA : Na ini Paling penting, seiman ,Rajin Sholat,dan paham banyak hal tentang islam. insya allah bisa bimbing anak2 nanti :) , sayang sama ortu kita dan lebih sabar.

2.BISA MASAK : ini penting loh buat cewe2, gimana klo si dia gak bisa masak?? Mo jajan diluar terus? wah gak asik cewe gak bisa masak gimana mau dijadiin bini ntar?? mau dijadiin hiasan klo kondangan atau cuma mau muasin diranjang doank? kelaut aja lah

3.SMART : rajin,telaten , Pinter nabung nahh ini cocok buat dijadiin pacar buat dijadiin calon Bini ntar :) Pasti si dia pinter mengelolah keuangan, insya allah Bisa Cepet kaya hahhahahaha :)

4. MANDIRIi : yaa Perlu dpt cewe mandiri dan kerja, coz buat kebaikan dia sebenrnya,misalnya kita udah ga ada lg (koid ) atau lebih jahat nya cerai sapa hayo yang mau ngebesarin anak2 nanti, jadi klo bisa lo dpt cewe yang udah kerja juga. okey

5. MENCINTAIMU : apa adanya, dan nerima kau apa adanya, apalagi kamu pacaran sama dia waktu kamu masih susah dan bila lo dah jadi sukses NIkahin Tu cewe , karna tu cewe pantes buat lo,Klo lo emang udah mampan cewe mana aja pasti mau bukan??? cewe2 pasti banyak ngejer bukan ngejer lo tapi harta lo bego :) hahahha, na yang bener cari Bini waktu lo susah aja dia mau , lo udah ada so what itu pantes buat loe :) itu juga yang lagi gue cari.. simple kan cara mau dpt istri or pacar yang mau dijadiin istri :)

(tetep semangat dan terus tersenyum :) )

Habis Gelap Terbitlah Terang

Pernahkan Anda menemukan seseorang yang tidak bahagia. (Kalau yang ini mungkin Anda salah satunya). Atau pernahkan Anda mendapati seseorang yang selalu diliputi perasaan was-was, tidak percaya diri dan pesimis. Wajah yang selalu berkerut dan air muka yang nestapa.
Air mata yang terus bergulir dan itu tidak membuatnya kering.
Dia bersembunyi dalam gelap dan berpikir seolah malam akan abadi.
Dia mengira, setiap perkataan mengandung kedengkian.
Dia mengira setiap nasehat tak ubahnya makian.
"Mereka mengira, bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukan kepada mereka" (Almunafiqun : 4)
Dia memandang segala sesuatu dari kaca mata hitam.
Setiap melodi yang melagukan kenestapaan dan kesedihan, dia menikmatinya.
Umurnya berlalu tanpa sesuatu yang berharga.
Hidup yang pendek ini, dibuatnya lebih pendek. Nasehatilah mereka jika Anda menemukannya.
Dan bersegeralah terjaga, jika itu Anda orang yang mengalaminya.
Habis gelap terbitlah terang.
Habis lelap, bangun dan raihlah masa depan.


sumber: http://naofalmasunika.blogspot.com/H

Orang - orang yang Didoakan oleh Malaikat

Oleh : Syaikh Dr. Fadhl Ilahi

Allah SWT berfirman, "Sebenarnya (malaikat - malaikat itu) adalah hamba - hamba yang dimuliakan, mereka tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah - perintah-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu yang dihadapan mereka dan yang dibelakang mereka, dan mereka tidak memberikan syafa'at melainkan kepada orang - orang yang diridhai Allah, dan mereka selalu berhati - hati karena takut kepada-Nya" (QS Al Anbiyaa' 26-28)

Inilah orang - orang yang didoakan oleh para malaikat :

1. Orang yang tidur dalam keadaan bersuci. Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

2. Orang yang duduk menunggu shalat. Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya 'Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia'" (Shahih Muslim no. 469)

3. Orang - orang yang berada di shaf bagian depan di dalam shalat. Imam Abu Dawud (dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra' bin 'Azib ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang - orang) yang berada pada shaf - shaf terdepan" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud I/130)

4. Orang - orang yang menyambung shaf (tidak membiarkan sebuah kekosongan di dalm shaf). Para Imam yaitu Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang - orang yang menyambung shaf - shaf" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/272)

5. Para malaikat mengucapkan 'Amin' ketika seorang Imam selesai membaca Al Fatihah. Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika seorang Imam membaca 'ghairil maghdhuubi 'alaihim waladh dhaalinn', maka ucapkanlah oleh kalian 'aamiin', karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu" (Shahih Bukhari no. 782)

6. Orang yang duduk di tempat shalatnya setelah melakukan shalat. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata, 'Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia'" (Al Musnad no. 8106, Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan hadits ini)

7. Orang - orang yang melakukan shalat shubuh dan 'ashar secara berjama'ah. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat ( yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat 'ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat 'ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, 'Bagaimana kalian meninggalkan hambaku ?', mereka menjawab, 'Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat'" (Al Musnad no. 9140, hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir)

8. Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummud Darda' ra., bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, "Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata 'aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan'" (Shahih Muslim no. 2733)

9. Orang - orang yang berinfak. Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak'. Dan lainnya berkata, 'Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit'" (Shahih Bukhari no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010)

10. Orang yang makan sahur. Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath Thabrani, meriwayaatkan dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang - orang yang makan sahur" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhiib wat Tarhiib I/519)

11. Orang yang menjenguk orang sakit. Imam Ahmad meriwayatkan dari 'Ali bin Abi Thalib ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh" (Al Musnad no. 754, Syaikh Ahmad Syakir berkomentar, "Sanadnya shahih")

12. Seseorang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain. Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain" (dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Kitab Shahih At Tirmidzi II/343)

Maraji' :

Disarikan dari Buku Orang - orang yang Didoakan Malaikat, Syaikh Fadhl Ilahi, Pustaka Ibnu Katsir, Bogor, Cetakan Pertama, Februari 2005